Rabu, 10 Agustus 2016

PRINSIP PEMBUATAN BUKU PANDUAN

PRINSIP PEMBUATAN BUKU PANDUAN
Oleh:citra risky septiana

A.    Prinsip relevansi
Oleh sebab itu, pengalaman-pengalaman belajar yang disusun dalam kurikulum harus relevan dengan kebutuhan masyarakat. Inilah yang disebut dengan prinsip relevansi. Prinsip relevansi adalah prinsip kesesuaian. Ada dua macam relevansi, yaitu :
1. Relevansi internal
Relevansi internal adalah bahwa setiap kurikulum harus memiliki keserasian antara komponen-komponennya,
2. Relevansi eksternal
Relevansi eksternal berkaitan dengan keserasian antara tujuan, isi, dan proses belajar siswa yang tercakup dalam kurikulum dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.
Ada tiga macam relevansi eksternal dalam pengembangan kurikulum:
a. Relevan dengan lingkungan hidup peserta didik (relevansi sosiologis).
Bisa diartikan bahwa proses pengembangan dan penetapan isi kurikulum hendaklah disesuaikan dengan kondisi lingkungan sekitar siswa.
c. Relevan dengan tuntutan dunia pekerjaan dan tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi psikologis)Artinya bahwa apa yang diajarkan di sekolah harus mampu memenuhi dunia kerja. Untuk sekolah kejuruan (shalih, 2013)
Secara internal bahwa kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara eksternal bahwa komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan masyarakat (relevansi sosilogis). (Prawijaya, 2015)
B.     Prinsip konsistensi
Prinsip Konsistensi adalah prinsip dimana metode atau prinsip akuntansi yang digunakan dalam pelaporan keuangan tetap digunakan secara konsisten, tidak berubah-ubah metode dan prosedur.Hal ini berguna agar laporan keuangan yang dihasilkan bisa dibandingkan dengan laporan keuangan pada periode periode sebelumnya sehingga bisa memberikan manfaat lebih bagi penggunanya.Metode dan prosedur yang ddigunakan harus diterapkan secara konsisten dari periode ke periode, sehingga bisa dengan cepat diketahui apabila ada perbedaan yang terjadi dengan metode yang samaEits, Prinsip ini tentu tidak melarang sebuah pergantian metode akuntansi,Perusahaan boleh MENGGANTI metode yang dipakainya namun perusahaan harus menjelaskan dalam laporan keuangan mengapa terdapat pergantian metode, apakah alasan alasan pergantian metode tersebut bisa diterima atau tidak. (Nicho, 2016)
Metode dan prosedur-prosedur yang digunakan dalam proses akuntansi harus diterapkan secara konsisten dari tahun ke tahun. Konsistensi tidak dimaksudkan sebagai larangan penggantian metode, jadi masih dimungkinkan untuk mengadakan perubahan metode yang dipakai. Jika ada penggantian metode, maka selisih yang cukup berarti (material) terhadap laba perusahaan harus dijelaskan dalam laporan keuangan, tergantung dari sifat dan perlakukan terhadap perubahan metode atau prinsip tersebut. (baee, 2013)
C.    Prinsip kecukupan
Prinsip kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya. (SUDRAJAT, 2008)

DAFTAR PUSTAKA

baee, b. (2013, 01 17). DEFINISI DAN PRINSIP AKUNTANSI. Retrieved 08 11, 2016, from Akuntansi Dan Laporan Keuangan: http://bondazbaee.blogspot.co.id/
Nicho, E. (2016, 06 06). AKUNTANSI & MANAJEMEN. Retrieved 08 11, 2016, from 10 Prinsip Prinsip Akuntansi yang Sering Terlupakan: http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/06/Prinsip-Prinsip-Akuntansi.html
Prawijaya, W. (2015, 10 13). Wisnu Corner. Retrieved 08 11, 2016, from Landasan Dan Prinsip Pengembangan Kurikulum: http://wisnucorner.blogs.uny.ac.id/2015/10/13/landasan-dan-prinsip-pengembangan-kurikulum/
shalih, e. (2013, 03 03). el_shalih blog. Retrieved 08 11, 2016, from Macam-macam Prinsip Pengembangan Kurikulum: http://el-shalih.blogspot.co.id/2010/03/macam-macam-prinsip-pengembangan.html
SUDRAJAT, A. (2008). Konsep Pengembangan Bahan Ajar. jakarta : akhmadsudrajat.wordpress.

NAMA            :CITRA RISKY S
SEKOLAH     :SMKI 1 BLITAR

MOTTO          :JADILAH ORANG YAG BERGUNA 
TERTARIK DENGAN TULISAN SAYA KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar