PRINSIP
PEMBUATAN BUKU PANDUAN
Oleh:citra risky septiana
A.
Prinsip relevansi
Oleh
sebab itu, pengalaman-pengalaman belajar yang disusun dalam kurikulum harus
relevan dengan kebutuhan masyarakat. Inilah yang disebut dengan prinsip
relevansi. Prinsip relevansi adalah prinsip kesesuaian. Ada dua macam
relevansi, yaitu :
1. Relevansi
internal
Relevansi
internal adalah bahwa setiap kurikulum harus memiliki keserasian antara
komponen-komponennya,
2. Relevansi
eksternal
Relevansi
eksternal berkaitan dengan keserasian antara tujuan, isi, dan proses belajar
siswa yang tercakup dalam kurikulum dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat.
Ada tiga macam
relevansi eksternal dalam pengembangan kurikulum:
a. Relevan
dengan lingkungan hidup peserta didik (relevansi sosiologis).
Bisa diartikan
bahwa proses pengembangan dan penetapan isi kurikulum hendaklah disesuaikan
dengan kondisi lingkungan sekitar siswa.
c. Relevan
dengan tuntutan dunia pekerjaan dan tuntutan dan potensi peserta didik
(relevansi psikologis)Artinya bahwa apa yang diajarkan di sekolah harus mampu
memenuhi dunia kerja. Untuk sekolah kejuruan (shalih, 2013)
Secara
internal bahwa kurikulum memiliki relevansi di antara komponen-komponen
kurikulum (tujuan, bahan, strategi, organisasi dan evaluasi). Sedangkan secara
eksternal bahwa komponen-komponen tersebutmemiliki relevansi dengan tuntutan
ilmu pengetahuan dan teknologi (relevansi epistomologis), tuntutan dan potensi
peserta didik (relevansi psikologis) serta tuntutan dan kebutuhan perkembangan
masyarakat (relevansi sosilogis). (Prawijaya, 2015)
B. Prinsip konsistensi
Prinsip
Konsistensi adalah prinsip dimana metode atau prinsip akuntansi yang digunakan
dalam pelaporan keuangan tetap digunakan secara konsisten, tidak berubah-ubah
metode dan prosedur.Hal ini berguna agar laporan keuangan yang dihasilkan bisa
dibandingkan dengan laporan keuangan pada periode periode sebelumnya sehingga
bisa memberikan manfaat lebih bagi penggunanya.Metode dan prosedur yang
ddigunakan harus diterapkan secara konsisten dari periode ke periode, sehingga
bisa dengan cepat diketahui apabila ada perbedaan yang terjadi dengan metode
yang samaEits, Prinsip ini tentu tidak melarang sebuah pergantian metode
akuntansi,Perusahaan boleh MENGGANTI metode yang dipakainya namun perusahaan
harus menjelaskan dalam laporan keuangan mengapa terdapat pergantian metode,
apakah alasan alasan pergantian metode tersebut bisa diterima atau tidak. (Nicho, 2016)
Metode
dan prosedur-prosedur yang digunakan dalam proses akuntansi harus diterapkan
secara konsisten dari tahun ke tahun. Konsistensi tidak dimaksudkan sebagai
larangan penggantian metode, jadi masih dimungkinkan untuk mengadakan perubahan
metode yang dipakai. Jika ada penggantian metode, maka selisih yang cukup
berarti (material) terhadap laba perusahaan harus dijelaskan dalam laporan
keuangan, tergantung dari sifat dan perlakukan terhadap perubahan metode atau
prinsip tersebut. (baee, 2013)
C. Prinsip kecukupan
Prinsip
kecukupan artinya materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu
siswa menguasai kompetensi dasar yang diajarkan. Materi tidak boleh terlalu
sedikit, dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang
membantu mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Sebaliknya, jika
terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk
mempelajarinya. (SUDRAJAT, 2008)
DAFTAR PUSTAKA
baee, b. (2013, 01 17). DEFINISI DAN PRINSIP
AKUNTANSI. Retrieved 08 11, 2016, from Akuntansi Dan Laporan Keuangan:
http://bondazbaee.blogspot.co.id/
Nicho, E. (2016, 06 06). AKUNTANSI &
MANAJEMEN. Retrieved 08 11, 2016, from 10 Prinsip Prinsip Akuntansi yang
Sering Terlupakan:
http://nichonotes.blogspot.co.id/2015/06/Prinsip-Prinsip-Akuntansi.html
Prawijaya, W. (2015, 10 13). Wisnu Corner.
Retrieved 08 11, 2016, from Landasan Dan Prinsip Pengembangan Kurikulum:
http://wisnucorner.blogs.uny.ac.id/2015/10/13/landasan-dan-prinsip-pengembangan-kurikulum/
shalih, e. (2013, 03 03). el_shalih blog.
Retrieved 08 11, 2016, from Macam-macam Prinsip Pengembangan Kurikulum:
http://el-shalih.blogspot.co.id/2010/03/macam-macam-prinsip-pengembangan.html
SUDRAJAT, A. (2008). Konsep Pengembangan Bahan
Ajar. jakarta : akhmadsudrajat.wordpress.
NAMA :CITRA
RISKY S
SEKOLAH :SMKI 1 BLITAR
MOTTO :JADILAH ORANG YAG BERGUNA
TERTARIK DENGAN TULISAN SAYA KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar