Rabu, 17 Agustus 2016

PENGEMASAN HASIL KERJA PROYEK

PENGEMASAN HASIL KERJA PROYEK
Oleh : Citra Risky Septiana
A.    Target Market
Adalah suatu kelompok konsumen yang menjadi sasaran pendekatan perusahaan agar mau membeli produk yang di pasarkannya.untuk menetapkan target pasar, perusahaan harus menilai secara hati hati segmen mana yang akan dimasuki dan berapa ukuran segmen nya.
Penetapan target pasar adalah kegiatan menilai serta memilih satu atau lebih segmen yang akan dimasuki perusahaan. Apabila perusahaan ingin menentukan segmen pasar mana yang akan dimasuki, maka langka petama adalah menghitung dan menilai potensi laba dari tiap segmen yang telah ditentukan. (RIZAL, 2015)
B.     Ergonomis
“Ergonomi adalah : ilmu serta penerapannya yang berusaha menyerasikan pekerjaan dan lingkungan terhadap orang atau sebaliknya dengan tujuan tercapainya produktivitas dan efisiensi yang setinggi-tingginya melalui pemanfaatan manusia seoptimal mungkin “.
Di dalam ergonomi terkandung makna penyerasian jenis pekerjaan dan lingkungan kerja terhadap tenaga kerja atau sebaliknya. Hal ini terkait dengan penggunaan teknologi yang tepat, sesuai dan serasi dengan jenis pekerjaan serta didukung oleh penggunaan teknologi yang tepat, sesuai dan serasi dengan jenis pekerjaan serta diperlukan pemahaman tentang bagaimana caranya memanfaatkan manusia sebagai tenaga kerja seoptimal mungkin sehingga diharapkan tercapai efisiensi, efektivitas dan produktivitas yang optimal.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa ergonomi merupakan ilmu terapan yang mempelajari dan mencari pemecahan peresoalan yang menyangkut faktor manusia dalam proses produksi. Dapat dikatakan pula ergonomi sebagai teknologi untuk mendesain / mengatur kerja, sedang ruang lingkup ilmu ergonomi meliputi sejumlah aplikasi beberapa ilmu lain yang saling mendukung, seperti ilmu anatomi, ilmu faal, ilmu psikologi, ilmu teknik dan sejumlah ilmu lain yang secara bersama-sama menempatkan faktor manusia sebagai fokus utama dalam rangkaian kerja yang terdapat dalam sistem kerja
kemasan pun harus dibuat semenarik mungkin atau eye catching. Produk yang menarik mata, dengan warna dan desain yang unik, akan menarik buat konsumen. Kemasan juga harus punya nilai ergonomis, yang menonjolkan kenyamanan untuk konsumen maupun penjualnya.
Kenyamanan kemasan produk merupakan hal yang dicari konsumen, karena memudahkan konsumen untuk menikmati produknya. Selain itu, produk yang ergonomis juga praktis, mudah dibawa, nyaman dipegang, dan lain sebagainya.. (jackolitan, 2015)

C.     Ciri Khas
salah satu ciri khas dari produk yang dijual. "Bentuk kemasan yang unik dan berbeda bisa membuat pelanggan jadi selalu ingat, bahkan menjadikan produk tersebut ikon dari produk sejenisnya," Untuk meningkatkan penjualan, perusahaan harus memberikan keunikan atau ciri khas dari produk. Salah satunya yaitu kemasan produk yang mempunyai peranan penting dalam penjualan. Dimana kemasan bukan hanya sebagai pembungkus, tetapi juga bisa dijadikan sebagai salah satu alat promosi efektif yang dapat memberikan informasi kepada konsumen mengenai produk perusahaan. Untuk itu dalam membuat kemasan harus dibuat sebagus mungkin. Salah satu alasan konsumen tertarik membeli produk dikarenakan kemasan yang menarik. ciri khas pada produk sebagai identias, dengan sederhana kita membutuhkan suatu rancangan atas kemasan produk atau membutuhkan desain kemasan pada produk. Ini bertujuan selain untuk penggunaan jangka pendek yakni mengemas produk itu sendiri juga sebagai tujuan jangka panjang yakni branding, sehingga dibutuhkan konsep yang matang dalam perancangannya. (female, 2012)
D.    Ukuran
Sesuaikan ukuran kemasan dengan ukuran produk yang dijual. Hindari kemasan yang terlalu besar atau terlalu kecil agar produk tak rusak, dan sesuaikan juga dengan kebutuhan konsumen. "Ketika bicara minuman, maka untuk mengemas minuman dalam ukuran dua sampai tiga kali minum sudah habis berarti botolnya tidak perlu terlalu besar, karena tidak efektif,"
Bentuk dan ukuran kemasan harus direncanakan dan dirancang sedemikian rupa sehingga tidak sampai menyulitkan peletakan di rak atau tempat pemajangan. Kemasan dengan ukuran yang berbeda memungkinkan pembeli dari tingkat pendapatan yang berbeda untuk membeli produk yang sama. Dengan kombinasi bentuk, warna, dan ukuran kemasan yang berbeda, perusahaan dapat meningkatkan penjualan hasil produksinya. (Cenadi, 2000)





























DAFTAR PUSTAKA

bramantio, p. (2010, 03 10). DEFINISI, CIRI DAN JENIS PROYEK. Retrieved 08 18, 2016, from puke bramantio: http://pukebramantio.blogspot.co.id/2010/03/definisi-ciri-dan-jenis-proyek.html
Cenadi, C. S. (2000). PERANAN DESAIN KEMASAN DALAM DUNIA. jakarta : dgi-indonesia.pdf.
female. (2012, 02 17). 5 Cara Menentukan Kemasan Produk. Retrieved 08 18, 2016, from Female: http://female.kompas.com/read/2012/02/17/17555584/5.Cara.Menentukan.Kemasan.Produk
jackolitan. (2015, 11 11). PENGERTIAN ERGONOMIC DAN PENERAPANNYA. Retrieved 08 18, 2016, from Blog Jackolitan: http://jackolitan.blogspot.co.id/p/pengertian-ergonomic-dan-penerapannya.html
RIZAL, S. (2015, 03 18). MENYUSUN RENCANA PENCAPAIAN TARGET PASAR. Retrieved 08 18, 2016, from BLOGNYAPMASWATAMA: http://pmaswatama.blogspot.co.id/2015/03/menyusun-rencana-pencapaian-target-pasar.html


NAMA            :CITRA RISKY SEPTIANA
SEKOLAH     :SMK ISLAM 1 BLITAR

MOTTO          :JADILAH ORANG YG BERGUNA 

tertarik dengan tulisan saya klik disini

0 komentar:

Posting Komentar