KEBUTUHAN PELANGGAN
OLEH : CITRA RISKY SEPTIANA
MEMAHAMI KEBUTUHAN PROYEK
Manajer
proyek yang efektif selalu menyelidiki kebutuhan sebenarnya karena mereka
berharap menemukan cara lain dalam memenuhi kebutuhan itu dengan lebih cepat,
lebih murah, lebih efisien, dan seterusnya, daripada solusi semula. (Suherman,
2013)
Permintaan
suatu barang tergantung pada harga barang itu sendiri, harga barang lainnya,
susunan penduduknya, penghasilannya, dan selera konsumen. Permintaan akan
timbul, bilamana ada kebutuhan terhadap barang yang dibutuhkannya dan konsumen
yang bersangkutan mampu untuk membayarnya. Besar Kecilnya permintaan konsumen
terhadap sesuatu barang tergantung dari beberapa determinan (penentu). Adapun
penentu-penentu yang dapat menentukan besar kecilnya permintaan konsumen (Kehidupan,
2012)
PANGSA PASAR
Aspek pasar
adalah inti dari penyusunan Studi Kelayakan Proyek, karena permintan pasar
terhadap produk merupakan dasar untuk menyediakan produk. Oleh karena itu studi
mengenai Aspek Pasar bertujuan untuk mengetahui besarnya permintaan terhadap
produk yang akan disediakan dan menempatkan produk yang akan dipasarkan pada
posisi yang menguntungkan sehingga proyek bisa dijalankan. (MALIK, 2016)
LINGKUNGAN EKSTERNAL
• Lingkungan
eksternal adalah semua kejadian di luar perusahaan yang memiliki potensi untuk
mempengaruhi perusahaan (Chuck Williams, 2001:51).
• Lingkungan eksternal terdiri dari
unsur-unsur di luar perusahaan yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan
berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer (T.Hani Handoko, 1999:62).
• Lingkungan eksternal terdiri atas
unsur-unsur yang berada di luar suatu organisasi, yang relevan pada kegiatan
organisasi itu (James A.F. Stoner,1996:66) (Oktari, 2011)
lingkunganekstern
perusahaan adalah semua keadaan
dan kekuatan
yang mempengaruhi pilihan
(opsi)
strategik yang dilakukan oleh
perusahaan
dan menentukan situasi
persaingannya. (Wulandari,
2009)
DAFTAR PUSTAKA
Kehidupan, M. (2012, 08 31). PERMINTAAN PELANGGAN.
Retrieved 08 04, 2016, from BINTANG KEHIDUPAN BARU:
http://ahmadfakhruroji.blogspot.co.id/2012/08/permintaan-pelanggan.html
MALIK, D. I. (2016, 07 27). PANGSA PASAR PROYEK.
Retrieved 08 04, 2016, from System:
http://cysmix.blogspot.co.id/2016/07/aspek-pasar-adalah-inti-dari-penyusunan.html
Oktari, K. E. (2011, 11 23). FAKTOR-FAKTOR
LINGKUNGAN EKSTERNAL MIKRO DAN MAKRO. Retrieved 08 04, 2016, from
Khaerunisa Eka Oktari: http://khaerunisaekaoktari.blogspot.co.id/2011/11/faktor-faktor-lingkungan-eksternal.html
Suherman, E. (2013, 10 18). Bagaimana Memahami
Kebutuhan Proyek yang Sebenarnya. Retrieved 08 04, 2016, from keuangan
LSM: http://keuanganlsm.com/bagaimana-memahami-kebutuhan-proyek-yang-sebenarnya/
Wulandari, A. (2009). PENGARUH LINGKUNGAN
EKSTERNAL. JAKARTA: Anna Wulandari.
SEKOLAH :SMK
ISLAM 1 BLITAR
MOTTO :JADILAH
ORANG YANG BERGUNA
TERTARIK PADA TULISAN SAYA KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar