Rabu, 10 Agustus 2016

ANALISIS HASIL KERJA PROYEK

ANALISIS HASIL KERJA PROYEK
Oleh:citra risky septiana

A.    Waktu pelaksanaan kerja proyek

Mendefinisikan suatu aktifitas, menentukan urutan-urutan kejadian atas proyek, mendefinisikan lama waktu dari setiap pekerjaan, mengembangkan suatu jadwal serta merencanakan kontrol atas jadwal tersebut. ([]"_"Pratito"_"[], 2011)
·         Sebagai pewujud proyek berkewajiban memenuhi keinginan pemilik proyek sesuai dengan peraturan-peraturan yang ada.
·         Sebagai pewujud proyek berkewajiban melaksanakan proyek mulai pekerjaan awal sampai pekerjaan akhir sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan.
·         Sebagai pewujud proyek berhak mendapatkan biaya jasa yang telah diberikan atas pelaksanaan proyek. (Vofi Fitriana, 2019)

B.     Pengurangan atau penekanan ongkos biaya

Teknik ini adalah suatu metode yang bertujuan untuk semaksimal mungkin mengurangi adanya penundaan kegiatan (proyek, produksi, dan teknik) maupun rintangan dan perbedaan-perbedaan ; mengkoordinasikan dan menyelaraskan berbagai bagian sebagai suatu keseluruhan pekerjaan dan mempercepat seleksinya proyek-proyek. Tujuan dari PERT adalah pencapaian suatu taraf tertentu dimana waktu merupakan dasar penting dari PERT dalam penyelesaian kegiatan-kegiatan bagi suatu proyek. (Prescilia, 2015)
Penjualan perusahaan yang semakin bergerak ke arah penurunan merupakan gejala tahap decline dalam PLC. Penurunan penjualan ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti perubahan selera pasar, produk substitusi diterima konsumen (baik dan dalam negeri maupun dan luar negeri), dan perubahan teknologi. Sejumlah alternatif dapat dilakukan pada tahap akhir PLC ini. Namun perlu diperhatikan bahwa pilihan alternatif haruslah didasarkan pada kekuatan dan kelemahan perusahaan serta daya tarik industri bagi perusahaan. Alternatif-alternatif tersebut di antaranya adalah :
Menambah investasi agar dapat mendominasi atau menempati posisi persaingan yang baik.Mengubah produk atau mencari penggunaan/manfaat baru pada produk.
Mencari pasar baru.Tetap pada tingkat investasi perusahaan saat ini sampai ketidakpastian industri dapat diatasi.Mengurangi investasi perusahaan secara selektif dengan cara meninggalkan konsumen yang kurang menguntungkan, tetapi menambah investasi untuk kelompok kecil konsumen yang masih setia dan menguntungkan.Harvesting strategy untuk mewujudkan pengembalian uang tunai dengan cepat.Meninggalkan bisnis tersebut dan menjual aset perusahaan.Contoh produk elektronik yang sedang mengalami penurunan adalah CPU atau personal komputer yang saat ini sudah hampir terlibas oleh laptop.Setiap produk biasanya mengalami kelahiran dan kematian baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Suatu produk bisa saja pada suatu waktu sangat disukai banyak orang dan laku keras, namun di lain waktu produk itu tidak laku lagi dijual. Jadi pengertian daur hidup produk yaitu tahapan suatu produk mulai dari lahir, tumbuh, dewasa dan mati.Setiap produk memiliki masa daur hidup produk yang berbeda. Produk elektronik biasanya memiliki rentang waktu yang sempit alias cepat mati sedangkan produk seperti makanan dapat bertahan lebih lama. Contohnya handphone nokia tipe tertentu akan dibatasi jumlah yang dibuat dalam beberapa tahun, lalu membuat tipe hp lainnya. Minuman aqua sudah puluhan tahun memimpin pasar dan masih berada dalam kondisi antara pertumbuhan dengan dewasa. Beberapa teknik atau cara untuk memperpanjang daur hidup produk :
1. Meningkatkan Konsumsi dengan cara membujuk konsumen untuk meningkatkan penggunaan produknya dengan berbagai manfaat yang ditawarkan. Contoh : untuk hasil maksimal gunakan pasta gigi sepanjang bulu sikat, apa pun makannya minumnya teh botol sosro, memakai sampo setiap hari membuat rambut sehat, dsb.
2. Mencari fungsi lain produk dari biasanya. Contoh seperti teh tidak hanya untuk ngeteh saja tapi dapat dibuat kreasi menjadi minuman yang lebih kompleks.
3. Memodifikasi produk agar tampil baru dan segar baik dari segi isi, kemasan, takaran, ukuran, manfaat, dan lain sebagainya. Contoh misal seperti produk unilever yang biasanya terus menerus mengganti isi pepsodent beserta kemasannya agar selalu tampil baru dan segar.
4. Mencari target konsumen baru. Jika pasar yang sudah ada sudah tidak dapat diandalkan untuk meningkatkan penjualan maka dapat ditempuh jalan dengan cara membidik segmen pasar baru untuk dibujuk untuk menjadi pelanggan. Contoh : rokok sampoerna hijau yang tadinya membidik golongan menengah ke bawah kini mulai membidik golongan menengah ke atas untuk memperluas segmen pasar. (nayaakyasa, 2014)

         C. Pengurangan resiko

Pengurangan resiko bencana adalah salah satu system pendekatan untuk mengindentifikasi, mengevaluasi dan mengurangi resiko yang diakibatkan oleh bencana . Tujuan utamanya untuk mengurangi resiko fatal dibidang social , ekonomi dan juga lingkungan alam serta penyebab pemicu bencana: PRB sangat dipengaruhi oleh penelitian masal pada hal-hal yang mematikan, dan telah dicetak /dipublikasikan sejak pertengahan tahun 1970.
Ini merupakan bentuk tanggung jawab dan perkembangan dari agen sejenis Badan Penyelamat, dan seharusnya kegiatan ini berkesinambungan, serta menjadi bagian dari kesatuan kegiatan organisasi ini, tidak hanya melakukannya secara musiman pada sa'at terjadi bencana. Oleh karenanya jangkauan(PRB) sangat luas. Cakupannya lebih luas dan dalam, dibanding manajemen penanggulangan bencana darurat yang biasa, PRB dapat melakukan inisiatif kegiatan dalam segala bidang pembangunan dan kemanusiaan. (ecoflores, 2014)

DAFTAR PUSTAKA

[]"_"Pratito"_"[]. (2011, 09 25). Pengertian Proyek. Retrieved 08 11, 2016, from !!_~Pratito~_!!: http://pratito-teuing.blogspot.co.id/2011/09/pengertian-proyek.html
ecoflores. (2014). Pengurangan Resiko Bencana (PRB). ID Pengurangan Risiko Bencana, http://www.ecoflores.org/id/pengurangan+risiko+bencana/.
nayaakyasa. (2014). Siklus Kehidupan Produk. jakarta : nayaakyasazilvi.wordpress.
Prescilia, A. (2015, 03 28). Tugas Kuliah. Retrieved 08 11, 2016, from PENDEKATAN SISTEM : JARINGAN KERJA DAN PERT: http://ariskaprescilia.blogspot.co.id/2015_03_01_archive.html
Vofi Fitriana, S. (2019, 09 30). VOFI FITRIANA, ST PROFIL & PROJECTS. Retrieved 08 11, 2016, from PENGERTIAN UMUM PROYEK: http://vofifitriana.blogspot.co.id/2010/09/pengertian-umum-proyek.html



NAMA            :CITRA RISKY SEPTIANA
SEKOLAH     :SMK ISLAM 1 BLITAR
MOTTO          :JADILAH ORANG YANG BERGUNA

 TERTARIK DENGAN TULISAN SAYA KLIK DISINI

0 komentar:

Posting Komentar