ANALISIS HASIL
KERJA PROYEK
Oleh:citra risky
septiana
A. Waktu pelaksanaan kerja proyek
Mendefinisikan
suatu aktifitas, menentukan urutan-urutan kejadian atas proyek, mendefinisikan
lama waktu dari setiap pekerjaan, mengembangkan suatu jadwal serta merencanakan
kontrol atas jadwal tersebut. ([]"_"Pratito"_"[],
2011)
·
Sebagai
pewujud proyek berkewajiban memenuhi keinginan pemilik proyek sesuai dengan
peraturan-peraturan yang ada.
·
Sebagai
pewujud proyek berkewajiban melaksanakan proyek mulai pekerjaan awal sampai
pekerjaan akhir sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan.
·
Sebagai
pewujud proyek berhak mendapatkan biaya jasa yang telah diberikan atas
pelaksanaan proyek. (Vofi Fitriana, 2019)
B. Pengurangan atau penekanan ongkos biaya
Teknik
ini adalah suatu metode yang bertujuan untuk semaksimal mungkin mengurangi
adanya penundaan kegiatan (proyek, produksi, dan teknik) maupun rintangan dan
perbedaan-perbedaan ; mengkoordinasikan dan menyelaraskan berbagai bagian
sebagai suatu keseluruhan pekerjaan dan mempercepat seleksinya proyek-proyek.
Tujuan dari PERT adalah pencapaian suatu taraf tertentu dimana waktu merupakan
dasar penting dari PERT dalam penyelesaian kegiatan-kegiatan bagi suatu proyek. (Prescilia,
2015)
Penjualan
perusahaan yang semakin bergerak ke arah penurunan merupakan gejala tahap
decline dalam PLC. Penurunan penjualan ini disebabkan oleh faktor-faktor
seperti perubahan selera pasar, produk substitusi diterima konsumen (baik dan
dalam negeri maupun dan luar negeri), dan perubahan teknologi. Sejumlah
alternatif dapat dilakukan pada tahap akhir PLC ini. Namun perlu diperhatikan
bahwa pilihan alternatif haruslah didasarkan pada kekuatan dan kelemahan
perusahaan serta daya tarik industri bagi perusahaan. Alternatif-alternatif
tersebut di antaranya adalah :
Menambah
investasi agar dapat mendominasi atau menempati posisi persaingan yang baik.Mengubah
produk atau mencari penggunaan/manfaat baru pada produk.
Mencari pasar
baru.Tetap pada tingkat investasi perusahaan saat ini sampai ketidakpastian
industri dapat diatasi.Mengurangi investasi perusahaan secara selektif dengan
cara meninggalkan konsumen yang kurang menguntungkan, tetapi menambah investasi
untuk kelompok kecil konsumen yang masih setia dan menguntungkan.Harvesting
strategy untuk mewujudkan pengembalian uang tunai dengan cepat.Meninggalkan
bisnis tersebut dan menjual aset perusahaan.Contoh produk elektronik yang
sedang mengalami penurunan adalah CPU atau personal komputer yang saat ini sudah
hampir terlibas oleh laptop.Setiap produk biasanya mengalami kelahiran dan
kematian baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Suatu produk bisa saja
pada suatu waktu sangat disukai banyak orang dan laku keras, namun di lain
waktu produk itu tidak laku lagi dijual. Jadi pengertian daur hidup produk
yaitu tahapan suatu produk mulai dari lahir, tumbuh, dewasa dan mati.Setiap
produk memiliki masa daur hidup produk yang berbeda. Produk elektronik biasanya
memiliki rentang waktu yang sempit alias cepat mati sedangkan produk seperti
makanan dapat bertahan lebih lama. Contohnya handphone nokia tipe tertentu akan
dibatasi jumlah yang dibuat dalam beberapa tahun, lalu membuat tipe hp lainnya.
Minuman aqua sudah puluhan tahun memimpin pasar dan masih berada dalam kondisi
antara pertumbuhan dengan dewasa. Beberapa teknik atau cara untuk memperpanjang
daur hidup produk :
1. Meningkatkan
Konsumsi dengan cara membujuk konsumen untuk meningkatkan penggunaan produknya
dengan berbagai manfaat yang ditawarkan. Contoh : untuk hasil maksimal gunakan
pasta gigi sepanjang bulu sikat, apa pun makannya minumnya teh botol sosro,
memakai sampo setiap hari membuat rambut sehat, dsb.
2. Mencari
fungsi lain produk dari biasanya. Contoh seperti teh tidak hanya untuk ngeteh
saja tapi dapat dibuat kreasi menjadi minuman yang lebih kompleks.
3. Memodifikasi
produk agar tampil baru dan segar baik dari segi isi, kemasan, takaran, ukuran,
manfaat, dan lain sebagainya. Contoh misal seperti produk unilever yang
biasanya terus menerus mengganti isi pepsodent beserta kemasannya agar selalu
tampil baru dan segar.
4. Mencari
target konsumen baru. Jika pasar yang sudah ada sudah tidak dapat diandalkan
untuk meningkatkan penjualan maka dapat ditempuh jalan dengan cara membidik segmen
pasar baru untuk dibujuk untuk menjadi pelanggan. Contoh : rokok sampoerna
hijau yang tadinya membidik golongan menengah ke bawah kini mulai membidik
golongan menengah ke atas untuk memperluas segmen pasar. (nayaakyasa,
2014)
C.
Pengurangan resiko
Pengurangan
resiko bencana adalah salah satu system pendekatan untuk mengindentifikasi,
mengevaluasi dan mengurangi resiko yang diakibatkan oleh bencana . Tujuan
utamanya untuk mengurangi resiko fatal dibidang social , ekonomi dan juga
lingkungan alam serta penyebab pemicu bencana: PRB sangat dipengaruhi oleh
penelitian masal pada hal-hal yang mematikan, dan telah dicetak /dipublikasikan
sejak pertengahan tahun 1970.
Ini
merupakan bentuk tanggung jawab dan perkembangan dari agen sejenis Badan
Penyelamat, dan seharusnya kegiatan ini berkesinambungan, serta menjadi bagian
dari kesatuan kegiatan organisasi ini, tidak hanya melakukannya secara musiman
pada sa'at terjadi bencana. Oleh karenanya jangkauan(PRB) sangat luas.
Cakupannya lebih luas dan dalam, dibanding manajemen penanggulangan bencana
darurat yang biasa, PRB dapat melakukan inisiatif kegiatan dalam segala bidang
pembangunan dan kemanusiaan. (ecoflores, 2014)
DAFTAR PUSTAKA
[]"_"Pratito"_"[]. (2011, 09
25). Pengertian Proyek. Retrieved 08 11, 2016, from !!_~Pratito~_!!:
http://pratito-teuing.blogspot.co.id/2011/09/pengertian-proyek.html
ecoflores. (2014). Pengurangan Resiko Bencana (PRB).
ID Pengurangan Risiko Bencana,
http://www.ecoflores.org/id/pengurangan+risiko+bencana/.
nayaakyasa. (2014). Siklus Kehidupan Produk.
jakarta : nayaakyasazilvi.wordpress.
Prescilia, A. (2015, 03 28). Tugas Kuliah.
Retrieved 08 11, 2016, from PENDEKATAN SISTEM : JARINGAN KERJA DAN PERT:
http://ariskaprescilia.blogspot.co.id/2015_03_01_archive.html
Vofi Fitriana, S. (2019, 09 30). VOFI FITRIANA,
ST PROFIL & PROJECTS. Retrieved 08 11, 2016, from PENGERTIAN UMUM
PROYEK:
http://vofifitriana.blogspot.co.id/2010/09/pengertian-umum-proyek.html
NAMA :CITRA
RISKY SEPTIANA
SEKOLAH
:SMK ISLAM 1 BLITAR
MOTTO :JADILAH ORANG YANG BERGUNA
TERTARIK DENGAN TULISAN SAYA KLIK DISINI
0 komentar:
Posting Komentar